Dec 30, 2011

Orchestra




"Teamwork itu kayak orchestra. Kalo yang dimainin cuma vibraphone doang itu gak enak banget didenger, garing. Makanya ditambahin clarinet, trumpet, gitar, pokoknya macem-macem. Enak kan? tapi mereka butuh dirigen yang mimpin. Dia tau semua partitur." -- Ayah, 47 tahun, sedang menyetir sambil mendengarkan orchestra komposisi Paul Mauriat



Oke, telaah sendiri.
Taugak? Jadi dirigen itu susah banget ya berarti. Iya, susah banget mimpin sesuatu. Tapi, semuanya bisa jadi gampang kok. Eh, enggak sih gak jadi gampang, bobotnya akan selalu sama kayak gitu tapi kalau emang udah tau itu kerjaan dia pasti dinikmatin. Pasti.

Dirigen harus ngerti partitur. Partitur keseluruhan dari semua alat musik. Pemimpin harus tau langkah-langkah yang harus dilakukan. So close.

Inget, semua alat musik punya andil, punya porsi, dan kalau dimainkan dengan pas dan dapet feelnya pasti jadi enak banget didenger.



Terus?
Iya, gue salut banget sama orang yang bisa jadi dirigen yang baik.
Iya, maaf ya selama ini belum bisa jadi dirigen yang baik untuk kalian semua. Maaf banget. Mulai sekarang gue bakal coba buat partitur yang pas untuk kita, kita bareng-bareng bikin orchestra yang terbaik.


Dirigen yang payah,
Afi Wiyono
bye♥
HayahAfifah | 2008-2017