Apr 9, 2019

Aku Sedang Dibidik

Hari ini aku dikirimi laporan tentang tren pasar, hasil surveinya Euromonitor. Di situ ada penjelasan tentang kelompok target pasar pada tahun 2019. Kesanku setelah membaca? Kesal!

Eugh.
Jadi begini, tipe konsumen itu dibedakan berdasarkan konsepsi mereka atas dirinya  masing-masing.

Katanya, 2019 adalah tentang orang-orang tua yang tidak mau disebut tua yang fenomenanya dikenal sebagai age agnostic, tentang orang-orang the-so-called millennials yang hampir sebagiannya tidak mau menikah atau the loner living, dan tentang orang-orang yang lari dari ketakutan akan ketertinggalan bahkan menikmati rasa ketertinggalan tersebut. Yang terakhir ini disebut: kelompok Finding My JOMO.

Joy of Missing Out.

Aku rasa sih itu aku. Seperti yang kukatakan bahwa aku habis menonaktifkan akun Instagramku karena ingin bersembunyi, aku ingin menikmati rasa ketertinggalan.

Dan aku yang ingin rehat dari hiruk pikuknya dunia maya justru menjadi kelompok target bagi pemasar. Ah! Bisa kah kita rehat sejenak???

Ternyata manusia ya saling berlomba berpikir lebih dahulu saja, ya? Yang lebih maju ya yang berpotensi menguasai. Kesal, deh.

***

P.s. aku sedang di Stasiun Gondangdia menunggu kereta. Sungguh tidak sabar sampai rumah untuk makan wingko babat yang sudah aku idamkan sejak jam makan siang tadi. Ibuku membuat beberapa saat yang lalu, soalnya siang tadi aku curhat bahwa aku sungguh ingin wingko babat.

Mama, I really really really really love you.

Finding my jomo,
Afi Wiyono

Haya/Afi| 2008-2022